Hukum Lenz

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم




Hukum Lenz adalah prinsip dalam fisika yang menyatakan bahwa arah arus induksi yang dihasilkan oleh perubahan medan magnet akan selalu berlawanan dengan arah perubahan medan magnet tersebut. Ini adalah konsekuensi dari Hukum Induksi Faraday dan hukum kekekalan energi.

Secara sederhana, jika suatu medan magnet berubah di sekitar sebuah penghantar, maka arus listrik akan diinduksikan dalam penghantar tersebut. Arah arus yang diinduksikan akan menghasilkan medan magnetnya sendiri, yang berusaha menentang perubahan medan magnet awal yang menyebabkan arus induksi.

Misalnya, jika medan magnet yang mendekati suatu kumparan meningkat, arus induksi akan dihasilkan di dalam kumparan yang menimbulkan medan magnet yang berlawanan untuk melawan peningkatan tersebut. Demikian juga, jika medan magnet menjauh dari kumparan, arus induksi akan menghasilkan medan magnet yang cenderung menarik medan magnet kembali.

Hukum Lenz dapat dirumuskan secara matematis sebagai:




Hukum ini penting dalam banyak aplikasi teknologi, seperti generator listrik, motor listrik, dan transformer, di mana prinsip induksi elektromagnetik digunakan untuk mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya.



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)