Modul Ajar Bab 2 Energi Terbarukan : Pertemuan 1

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم





for-word.jpg

Pertemuan 1

 

A.              Informasi Umum

 

Kode Modul

FIS.E.X.2

Penyusun/Tahun

Iksan Taufik Hidayanto/ 2023

Kelas/Fase Capaian

X/Fase E

Elemen/Topik

Pemahaman Fisika / Energi Terbarukan

Alokasi Waktu

135 menit (3 Jam Pelajaran)

Pertemuan Ke-

1

Profil Pelajar Pancasila

Bernalar kritis, Kreatif, dan Bergotong royong

Sarana Prasarana

LCD, Proyektor, Papan Tulis, ATK

Target Peserta Didik

Regular/tipikal

Model Pembelajaran

Problem-Based Learning

Mode Pembelajaran

Tatap Muka

 

B.              Komponen Inti

 Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis energi, serta mendeskripsikan perubahan energi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

 Pertanyaan Pemantik

1.             Bentuk energi apa saja yang ada di lingkungan sekitar kita?

2.             Bagaimana kebermanfaatan energi yang tersedia di lingkungan sekitar kita?

 Persiapan Pembelajaran

1.            Guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.

2.            Guru menyiapkan bahan tayang PPT materi energi dan sumber energi.

 

Kegiatan Pembelajaran

1.          Pendahuluan (15 menit)

a.   Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.  Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.  Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d. Guru menunjukkan contoh-contoh pemanfaatan energi yang ada di lingkungan sekitar kita, contoh setrika, handphone, kendaraan bermotor, dan lain-lain.

e.Peserta didik menyebutkan bentuk energi yang terlibat pada gambar dan darimana sumbernya.

f.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi energi dan sumber energinya.

 

 2.          Kegiatan Inti (110 menit) 

Langkah 1. Orientasi Masalah

a. Guru menjelaskan pengantar tentang energi dan hukum kekekalan energi.

b. Peserta didik diminta untuk membuat refleksi tentang bentuk energi apa yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

c. Beberapa perwakilan peserta didik diminta untuk menyampaikan refleksi yang telah dibuat.

d.Peserta didik diminta untuk menarik kesimpulan berdasarkan refleksi disampaikan oleh beberapa perwakilan peserta didik sebelumnya.

e. Guru memberikan penguatan bahwa energi listrik banyak dibutuhkan di segala sektor kehidupan saat ini, sehingga segala bentuk sumber energi yang dapat dikonversi ke bentuk energi listrik perlu dimanfaatkan secara optimal, namun perlu memperhatikan pula dampak dari eksploitasi sumber energi terhadap lingkungan.

 

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.   Peserta didik dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.

b.  Peserta didik diminta untuk membaca terlebih dahulu Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 89 – 94 tentang energi dan macam-macam jenis energi.

c.  Peserta didik diminta melakukan Kegiatan 2.1 dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 94 untuk menganalisis macam-macam sumber energi beserta dampak penggunaannya terhadap lingkungan (gotong royong).

 

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a. Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c. Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

 

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a. Guru meminta dengan sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang macam-macam sumber energi beserta dampak penggunaannya terhadap lingkungan secara kreatif.

b.  Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan tanggapan terhadap apa yang telah dipresentasikan (bernalar kritis).

c.Guru meminta perwakilan kelompok lain untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang macam-macam sumber energi beserta dampak penggunaannya terhadap lingkungan secara kreatif.

d. Kelompok lain diminta kembali untuk menanggapi dan memberikan tanggapan tentang apa yang dipresentasikan (bernalar kritis).

 

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a. Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

c. Guru memberikan umpan balik pembelajaran bahwa ternyata masih banyak kegiatan eksploitasi sumber energi yang belum memperhatikan kelestarian lingkungan.

 

3.          Kegiatan Penutup (10 menit) 

a. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu energi, macam-macam sumber energi, serta dampak penggunaannya.

b.Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

 

Rencana Asesmen

Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur, yaitu Kegiatan 2.1 dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 94.

 

Pengayaan dan Remedial

Pada akhir pertemuan bab 1, peserta didik diminta untuk mengerjakan soal pada QR code tersedia pada Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 112.

 

Refleksi Peserta Didik dan Guru

Refleksi Peserta Didik

Lembar pertanyaan refleksi tersedia pada Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 111-112

 

Refleksi Guru

Ø   Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?

Ø Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?

Ø   Hal-hal apa yang perlu diperbaiki pada aktivitas pembelajaran berikutnya?

 

C.              Lampiran

Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik

Buku IPA Fisika SMA/MA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga.

Buku IPA Fisika SMA/MA Kelas X dari PT Grafindo Media Pratama.

Buku IPA Fisika SMA/MA Kelas 10 dari PT Yrama Widya.

 

Glosarium

a.Energi potensial : Kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha sebagai akibat dari posisi atau bentuknya.

b. Energi potensial gravitasi : Energi yang dimiliki oleh suatu massa karena posisinya dalam medan gravitasi.

c. Fosil :  sisa, jejak, atau bekas binatang maupun tumbuhan masa lalu yang terawetkan di dalam Bumi

d.Hukum kekekalan energi : Hukum yang menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

e.  Iklim : kondisi cuaca di wilayah tertentu dalam periode waktu yang lama

f.  Karbon dioksida :  sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon, dihasilkan oleh semua hewan, tumbuh-tumbuhan, fungi, dan mikroorganisme pada proses respirasi,  juga dihasilkan dari hasil samping pembakaran bahan bakar fosil

g.  Metode ilmiah :  suatu prosedur atau tata cara sistematis yang digunakan para ilmuan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi

h. Pengukuran :  kegiatan menentukan atau membandingkan suatu besaran, dimensi, atau kapasitas dengan suatu standar atau satuan ukur tertentu.

i. Ramah lingkungan : Tidak bersifat merusak lingkungan

j.Teknologi :  kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia / keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia

k.  Tenaga mikrohidro :  teknologi untuk memanfaatkan debit air yang ada di sekitar kita untuk diubah menjadi energi lain misalkan energi listrik

l.  Tenaga surya :  teknologi untuk memanfaatkan cahaya matahari untuk diubah menjadi energi lain misalkan energi listrik

m.   Tranfer energi : perpindahan energi dari satu tempat ke tempat yang lain

n.  Transformasi Energi : disebut juga dengan konversi energi, adalah proses perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

o.  Usaha : Usaha dilakukan ketika sebuah gaya menggerakkan titik di mana ia bekerja (titik penerapan) ke arah gaya: usaha yang dilakukan = gaya × perpindahan dalam arah gaya watt Satuan daya (simbol W), sama dengan laju kerja 1 joule per detik.

Daftar Pustaka

Ganis Sanhaji, Rani N. IPA Fisika SMA/MA Kelas X. Bandung. PT Grafindo Media Pratama.

Marthen K, Adrian P. IPA Fisika SMA/MA Kelas 10. Bandung. PT Yrama Widya.

Ni Ketut Lasmi. 2023. IPA Fisika SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT Penerbit Erlangga.


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)