Pertemuan 1
A.
Informasi Umum
Kode
Modul |
FIS.E.X.2 |
Penyusun/Tahun |
Iksan
Taufik Hidayanto/ 2023 |
Kelas/Fase
Capaian |
X/Fase E |
Elemen/Topik |
Pemahaman
Fisika / Energi Terbarukan |
Alokasi
Waktu |
135
menit (3 Jam Pelajaran) |
Pertemuan
Ke- |
1 |
Profil Pelajar
Pancasila |
Bernalar
kritis, Kreatif, dan Bergotong royong |
Sarana
Prasarana |
LCD, Proyektor,
Papan Tulis, ATK |
Target Peserta Didik |
Regular/tipikal |
Model Pembelajaran |
Problem-Based Learning |
Mode
Pembelajaran |
Tatap
Muka |
B.
Komponen Inti
Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis energi,
serta mendeskripsikan perubahan energi yang terjadi dalam kehidupan
sehari-hari.
1.
Bentuk energi apa saja yang ada
di lingkungan sekitar kita?
2.
Bagaimana kebermanfaatan
energi yang tersedia di lingkungan sekitar kita?
1.
Guru melakukan asesmen
diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru menyiapkan bahan tayang
PPT materi energi dan sumber energi.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
(15 menit)
a. Guru
membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b. Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c. Guru
menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Guru menunjukkan
contoh-contoh pemanfaatan energi yang ada di lingkungan sekitar kita, contoh setrika,
handphone, kendaraan bermotor, dan lain-lain.
e.Peserta didik menyebutkan bentuk
energi yang terlibat pada gambar dan darimana sumbernya.
f.Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi energi dan
sumber energinya.
Langkah
1. Orientasi Masalah
a. Guru menjelaskan pengantar
tentang energi dan hukum kekekalan energi.
b. Peserta didik diminta untuk
membuat refleksi tentang bentuk energi apa yang mereka gunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
c. Beberapa perwakilan peserta
didik diminta untuk menyampaikan refleksi yang telah dibuat.
d.Peserta didik diminta untuk
menarik kesimpulan berdasarkan refleksi disampaikan oleh beberapa perwakilan
peserta didik sebelumnya.
e. Guru memberikan penguatan
bahwa energi listrik banyak dibutuhkan di segala sektor kehidupan saat ini,
sehingga segala bentuk sumber energi yang dapat dikonversi ke bentuk energi
listrik perlu dimanfaatkan secara optimal, namun perlu memperhatikan pula
dampak dari eksploitasi sumber energi terhadap lingkungan.
Langkah 2. Mengorganisasi
Peserta Didik
a. Peserta didik dibagi dalam
kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
b. Peserta didik diminta untuk
membaca terlebih dahulu Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit
Erlangga halaman 89 – 94 tentang energi dan macam-macam jenis energi.
c. Peserta didik diminta
melakukan Kegiatan 2.1 dari Buku
IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 94 untuk menganalisis
macam-macam sumber energi beserta dampak penggunaannya terhadap lingkungan (gotong
royong).
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan
Kelompok
a. Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c. Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan
Menyajikan Hasil Karya
a. Guru meminta dengan sukarela
perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang macam-macam
sumber energi beserta dampak penggunaannya terhadap lingkungan secara kreatif.
b. Kelompok lain diminta untuk menanggapi
dan memberikan tanggapan terhadap apa yang telah dipresentasikan (bernalar
kritis).
c.Guru meminta perwakilan kelompok
lain untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang macam-macam sumber energi
beserta dampak penggunaannya terhadap lingkungan secara kreatif.
d. Kelompok lain diminta kembali
untuk menanggapi dan memberikan tanggapan tentang apa yang dipresentasikan (bernalar
kritis).
Langkah 5. Menganalisis dan
Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah
terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
c. Guru memberikan umpan balik
pembelajaran bahwa ternyata masih banyak kegiatan eksploitasi sumber energi yang
belum memperhatikan kelestarian lingkungan.
3.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a. Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah
dilakukan, yaitu energi, macam-macam sumber energi, serta dampak penggunaannya.
b.Guru mengkonfirmasi materi
yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Rencana
Asesmen
Peserta didik
mengerjakan tugas terstruktur, yaitu Kegiatan
2.1 dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman
94.
Pengayaan
dan Remedial
Pada akhir pertemuan bab 1, peserta didik
diminta untuk mengerjakan soal pada QR code tersedia pada Buku IPA Fisika
SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 112.
Refleksi
Peserta Didik dan Guru
Refleksi Peserta Didik
Lembar pertanyaan refleksi tersedia pada Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga
halaman 111-112
Refleksi Guru
Ø
Apakah pembelajaran dapat
berlangsung sesuai rencana?
Ø Apakah
peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi
dengan baik?
Ø Hal-hal
apa yang perlu diperbaiki pada aktivitas pembelajaran berikutnya?
C.
Lampiran
Bahan
Bacaan Guru dan Peserta Didik
Buku IPA Fisika SMA/MA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga.
Buku IPA Fisika SMA/MA Kelas X dari PT Grafindo Media Pratama.
Buku IPA Fisika SMA/MA Kelas 10 dari PT Yrama Widya.
Glosarium
a.Energi potensial : Kemampuan
suatu benda untuk melakukan usaha sebagai akibat dari posisi atau bentuknya.
b. Energi potensial gravitasi : Energi
yang dimiliki oleh suatu massa karena posisinya dalam medan gravitasi.
c. Fosil : sisa, jejak, atau bekas binatang maupun
tumbuhan masa lalu yang terawetkan di dalam Bumi
d.Hukum kekekalan energi : Hukum
yang menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, energi
hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.
e. Iklim : kondisi cuaca di
wilayah tertentu dalam periode waktu yang lama
f. Karbon dioksida : sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua
atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon, dihasilkan
oleh semua hewan, tumbuh-tumbuhan, fungi, dan mikroorganisme pada proses
respirasi, juga dihasilkan dari hasil
samping pembakaran bahan bakar fosil
g. Metode ilmiah : suatu prosedur atau tata cara sistematis yang
digunakan para ilmuan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi
h. Pengukuran : kegiatan menentukan atau membandingkan suatu
besaran, dimensi, atau kapasitas dengan suatu standar atau satuan ukur
tertentu.
i. Ramah lingkungan : Tidak bersifat
merusak lingkungan
j.Teknologi : kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi,
pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia / keseluruhan sarana untuk
menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan
hidup manusia
k. Tenaga mikrohidro : teknologi untuk memanfaatkan debit air yang
ada di sekitar kita untuk diubah menjadi energi lain misalkan energi listrik
l. Tenaga surya : teknologi untuk memanfaatkan cahaya matahari
untuk diubah menjadi energi lain misalkan energi listrik
m. Tranfer energi : perpindahan
energi dari satu tempat ke tempat yang lain
n. Transformasi Energi : disebut
juga dengan konversi energi, adalah proses perubahan energi dari satu bentuk ke
bentuk lainnya.
o. Usaha : Usaha dilakukan ketika
sebuah gaya menggerakkan titik di mana ia bekerja (titik penerapan) ke arah
gaya: usaha yang dilakukan = gaya × perpindahan dalam arah gaya watt Satuan
daya (simbol W), sama dengan laju kerja 1 joule per detik.
Daftar
Pustaka
Ganis Sanhaji, Rani N. IPA
Fisika SMA/MA Kelas X. Bandung. PT Grafindo Media Pratama.
Marthen K, Adrian P. IPA
Fisika SMA/MA Kelas 10. Bandung. PT Yrama Widya.
Ni Ketut Lasmi. 2023. IPA Fisika SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT
Penerbit Erlangga.