Pertemuan 4
A. Informasi
Umum
Kode Modul |
FIS.E.X.1 |
Penyusun/Tahun |
Iksan Taufik Hidayanto/ 2023 |
Kelas/Fase Capaian |
X/Fase E |
Elemen/Topik |
Pemahaman Fisika / Hakikat Fisika, Besaran, dan
Pengukurannya |
Alokasi Waktu |
135 menit (3 Jam Pelajaran) |
Pertemuan Ke- |
4 |
Profil Pelajar Pancasila |
Bernalar kritis, Kreatif, dan Gotong Royong |
Sarana Prasarana |
LCD, Proyektor, Papan Tulis, ATK, Jangka Sorong |
Target Peserta Didik |
Regular/tipikal |
Model Pembelajaran |
Problem-Based
Learning |
Mode Pembelajaran |
Tatap Muka |
B. Komponen
Inti
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menentukan hasil
pengukuran dengan alat ukur dilengkapi nilai ketidakpastian pengukuran tunggal
dan berulang.
Pertanyaan Pemantik
1.
Bagaimana
cara meningkatkan akurasi pengukuran?
2. Bagaimana cara menentukan
seberapa teliti pengukuran yang dilakukan secara berulang?
Persiapan Pembelajaran
1.
Guru melakukan asesmen
diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru menyiapkan bahan tayang
PPT materi Besaran, satuan, dan pengukurannya
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
(15 menit)
a. Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan
salam.
b. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c. Guru menanyakan kabar peserta
didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi besaran dan
pengukuran.
2. Kegiatan Inti (110 menit)
Langkah
1. Orientasi Masalah
a. Guru
mensimulasikan pengukuran suatu dengan menggunakan jangka sorong.
b. Beberapa
perwakilan peserta didik diminta untuk membaca hasil pengukuran benda yang
disimulasikan oleh guru secara bergantian, kemudian menuliskannya pada kertas,
dan melipat kertas tersebut agar tulisannya tertutup.
c. Perwakilan
peserta didik yang telah membaca hasil pengukuran diminta untuk berdiri di
depan kelas, dan membuka kertas untuk dilihat bersama – sama.
d. Guru
meminta peserta didik untuk mengkritisi hasil
pembacaan ukuran yang telah dilakukan oleh beberapa perwakilan peserta didik
e. Peserta didik mendapatkan umpan balik dari guru, bahwa meskipun
benda dan alat ukur yang digunakan pada simulasi sama, namun hasil
pengukurannya berbeda-beda, karena ketidakpastian pengukuran.
Langkah 2. Mengorganisasi
Peserta Didik
a. Peserta
didik dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
b. Guru
memberikan penjelasan bahwa terdapat banyak faktor yang menyebabkan
ketidakpastian pengukuran dan terdapat solusi untuk meningkatkan akurasi hasil
pengukuran.
c. Peserta didik diminta untuk membaca bahan bacaan dari Buku
IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 24 – 29 terlebih dahulu untuk memahami materi
tentang kesalahan pengukuran dan pengukuran berulang.
d. Peserta
didik ditugaskan untuk mengerjakan Kegiatan
1.2 dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman
29 untuk memahami materi tentang kesalahan pengukuran dan pengukuran
berulang (gotong royong).
Langkah 3. Membimbing
Penyelidikan
a. Sebelum
mengerjakan Uji Pemahaman, peserta
didik diberi kesempatan untuk menyakan hal-hal yg kurang dimengerti dari bacaan
tersedia.
b. Guru
memberikan penguatan dengan menjelaskan contoh lainnya
c. Guru
berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.
d. Guru
melihat sampel pekerjaan peserta didik dan diskusi ringan tentang apa yang
sudah dilakukan.
e. Guru
memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami
kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan
Menyajikan Hasil Karya
a. Guru
meminta dengan sukarela beberapa perwakilan peserta didik untuk menjelaskan
jawaban Uji Pemahaman.
b. Peserta
didik lainnya diminta untuk menanggapi dan memberikan tanggapan terhadap apa
yang telah dijelaskan (bernalar kritis).
Langkah 5. Menganalisis dan
Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a. Guru
meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta
didik yang telah sukarela menjelaskan jawaban tugasnya dan sudah terlibat aktif
dalam pembelajaran.
b. Guru
memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai ketidakpastian pengukuran
pada pengukuran berulang.
b. Guru
mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Rencana Asesmen
Peserta didik
mengerjakan tugas, yaitu Uji Pemahaman
dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 39 - 40.
Pengayaan dan Remedial
Pada akhir pertemuan bab 1, peserta didik
diminta untuk mengerjakan soal pada QR code tersedia pada Buku IPA Fisika
SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 80.
Refleksi Peserta Didik dan
Guru
Refleksi
Peserta Didik
Lembar pertanyaan refleksi tersedia pada Buku
IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 79 - 80
Refleksi
Guru
Ø Apakah
pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?
Ø Apakah
peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi
dengan baik?
Ø Hal-hal
apa yang perlu diperbaiki pada aktivitas pembelajaran berikutnya?
C. Lampiran
Bahan Bacaan Guru dan Peserta
Didik
Buku
IPA Fisika SMA/MA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga.
Buku
IPA Fisika SMA/MA Kelas X dari PT Grafindo Media Pratama.
Buku IPA
Fisika SMA/MA Kelas 10 dari PT Yrama Widya.
Glosarium
● akurasi
: sifat pengukuran yang mendekati nilai sebenarnya
● angka
penting : angka hasil pengukuran yang terdiri dari angka pasti dan taksiran
● besaran
: sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka
● hipotesis
: jawaban sementara terhadap masalah yang masih harus dibuktikan kebenarannya.
● Ketidakpastian
pengukuran : kekeliruan pengukuran terhadap nilai sebenarnya
● metode
ilmiah : metode sains yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional
untuk mengungkapkan suatu permasalahan
● notasi
ilmiah : bentuk penulisan terstandar untuk mempermudah penentuan suatu nilai
● presisi
: sifat pengukuran yang mendekati nilai yang sama meskipun dilakukan berulang
● satuan
: pembanding dalam pengukuran yang ditetapkan berdasar acuan tertentu
● variabel
: sesuatu yang memiliki nilai dan dapat diubah
Daftar Pustaka
Ganis
Sanhaji, Rani N. IPA Fisika SMA/MA Kelas X. Bandung. PT Grafindo Media
Pratama.
Marthen
K, Adrian P. IPA Fisika SMA/MA Kelas 10. Bandung. PT Yrama Widya.
Ni
Ketut Lasmi. 2023. IPA Fisika SMA/MA
Kelas X. Jakarta: PT Penerbit Erlangga.