Materi Ajar Fisika Kelas X, XI dan XII Pada Kurikulum Merdeka

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم



Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika adalah sebagai berikut:


Pada  akhir  fase  E,  peserta  didik  memiliki  kemampuan  untuk responsif   terhadap   isu-isu   global   dan   berperan   aktif   dalam memberikan  penyelesaian  masalah.  Kemampuan  tersebut  antara lain mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses dan menganalisis data dan informasi,  mengevaluasi  dan  refleksi,  mengkomunikasikan  hasil dalam bentuk projek sederhana atau simulasi visual menggunakan aplikasi  teknologi  yang  tersedia  terkait  dengan  energi  alternatif, pemanasan   global,   pencemaran   lingkungan, teknologi nano,  bioteknologi,  kimia  dalam  kehidupan  sehari-hari,  pemanfaatan limbah dan bahan alam, pandemi akibat infeksi virus. Semua upaya tersebut  diarahkan  pada  pencapaian  tujuan  pembangunan  yang berkelanjutan  (Sustainable  Development  Goals/SDGs).  Melalui pengembangan sejumlah pengetahuan tersebut dibangun pula berakhlak mulia dan sikap ilmiah seperti jujur, obyektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif, bergotong  royong berkebhinekaan global.

Pada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip vektor ke dalam kinematika dan dinamika gerak partikel, usaha dan energi, fluida dinamis, getaran harmonis, gelombang bunyi dan gelombang cahaya dalam menyelesaikan masalah, serta menerapkan prinsip dan konsep energi kalor dan termodinamika dengan berbagai perubahannya dalam mesin kalor. Peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan (baik statis maupun dinamis) dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi, menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang elektromagnetik dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik mampu menganalisis keterkaitan antara berbagai besaran fisis pada teori relativitas khusus, gejala kuantum dan menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi. Peserta didik mampu memberi penguatan pada aspek fisika sesuai dengan minat untuk ke perguruan tinggi yang berhubungan dengan bidang fisika. Melalui kerja ilmiah juga dibangun sikap ilmiah dan profil pelajar pancasila khususnya mandiri, inovatif, bernalar kritis, kreatif dan bergotong royong.


Dari capaian pembelajaran di atas, tersusun materi ajar sebagai berikut:


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)