Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika adalah sebagai berikut:
Pada akhir fase
E, peserta didik
memiliki kemampuan untuk responsif terhadap
isu-isu global dan berperan aktif
dalam memberikan
penyelesaian masalah. Kemampuan
tersebut antara lain mengamati,
mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan,
memproses dan menganalisis data dan informasi,
mengevaluasi dan refleksi,
mengkomunikasikan hasil dalam
bentuk projek sederhana atau simulasi visual menggunakan aplikasi teknologi
yang tersedia terkait
dengan energi alternatif, pemanasan global,
pencemaran lingkungan, teknologi
nano, bioteknologi, kimia
dalam kehidupan sehari-hari,
pemanfaatan limbah dan bahan alam, pandemi akibat infeksi virus. Semua
upaya tersebut diarahkan pada
pencapaian tujuan pembangunan
yang berkelanjutan
(Sustainable Development Goals/SDGs).
Melalui pengembangan sejumlah pengetahuan tersebut dibangun pula
berakhlak mulia dan sikap ilmiah seperti jujur, obyektif, bernalar kritis,
kreatif, mandiri, inovatif, bergotong
royong berkebhinekaan global.
Pada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip vektor ke dalam kinematika dan dinamika gerak partikel, usaha dan energi, fluida dinamis, getaran harmonis, gelombang bunyi dan gelombang cahaya dalam menyelesaikan masalah, serta menerapkan prinsip dan konsep energi kalor dan termodinamika dengan berbagai perubahannya dalam mesin kalor. Peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan (baik statis maupun dinamis) dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi, menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang elektromagnetik dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik mampu menganalisis keterkaitan antara berbagai besaran fisis pada teori relativitas khusus, gejala kuantum dan menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi. Peserta didik mampu memberi penguatan pada aspek fisika sesuai dengan minat untuk ke perguruan tinggi yang berhubungan dengan bidang fisika. Melalui kerja ilmiah juga dibangun sikap ilmiah dan profil pelajar pancasila khususnya mandiri, inovatif, bernalar kritis, kreatif dan bergotong royong.
Dari capaian pembelajaran di atas, tersusun materi ajar sebagai berikut: