Pertemuan 2
A. Informasi
Umum
Kode Modul |
FIS.E.X.1 |
Penyusun/Tahun |
Iksan taufik Hidayanto/ 2023 |
Kelas/Fase Capaian |
X/Fase E |
Elemen/Topik |
Pemahaman Fisika / Hakikat Fisika, Besaran, dan Pengukurannya |
Alokasi Waktu |
135 menit (3 Jam Pelajaran) |
Pertemuan Ke- |
2 |
Profil Pelajar Pancasila |
Bernalar kritis, Kreatif, dan Bergotong royong |
Sarana Prasarana |
LCD, Proyektor, Papan Tulis, ATK, Jangka Sorong,
Mikrometer Sekrup, Penggaris |
Target Peserta Didik |
Regular/tipikal |
Model Pembelajaran |
Problem-Based
Learning |
Mode Pembelajaran |
Tatap Muka |
B. Komponen
Inti
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menggunakan alat ukur yang
sesuai dengan benda yang akan diukur.
Pertanyaan Pemantik
Kita selalu menemukan atau bahkan
melakukan kegiatan pengukuran dalam kehidupan sehari-hari, namun apakah
pengukuran yang selama ini biasa dilakukan sudah tepat?
Bagaimana menentukan alat ukur yang sesuai
dengan objek yang diukur?
Persiapan Pembelajaran
1.
Guru melakukan asesmen
diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru menyiapkan bahan tayang
PPT materi besaran, satuan, dan pengukurannya.
Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (15 menit)
a. Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan
salam.
b. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c. Guru menanyakan kabar peserta
didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Guru meminta peserta didik untuk membaca
kembali lembar kerja pada pertemuan sebelumnya.
e. Peserta
didik diminta untuk mengamati tabel.
f. Peserta
didik menemukan dan mengelompokan alat ukur yang memiliki dimensi yang sama.
g. Perwakilan
peserta didik menyampaikan hasil pengamatannya.
h. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi besaran dan
pengukuran.
2. Kegiatan Inti (110 menit)
Langkah
1. Orientasi Masalah
a. Guru
menunjukkan beberapa alat ukur panjang dan mendemonstrasikan cara membaca
ukuran pada alat ukur panjang jangka sorong dan mikrometer sekrup.
b.
Peserta didik diminta untuk
membaca gambar hasil pengukuran pada contoh
soal dan pembahasan dari Buku IPA
Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 30
c.
Peserta didik diminta untuk mengerjakan
Uji Pemahaman dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 32 -
33
d. Peserta
didik mendapatkan umpan balik pembahasan soal yang telah dikerjakan dari guru.
Langkah 2. Mengorganisasi
Peserta Didik
B. Peserta
didik dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
C. Peserta
didik diminta melakukan Kegiatan 1.3
dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 34 – 35
untuk memahami berbagai macam alat ukur yang biasa digunakan dalam kehidupan
sehari-hari (gotong royong).
Langkah 3. Membimbing
Penyelidikan Kelompok
a. Guru
berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b. Guru
melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang cara
menentukan alat ukur yang sesuai dengan objek yang diukur apa yang sudah
dilakukan.
c. Guru
memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami
kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan
Menyajikan Hasil Karya
a. Guru
meminta dengan sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil
pengamatan peserta didik tentang cara menentukan alat ukur yang sesuai dengan
objek yang diukur secara kreatif.
b. Kelompok
lain diminta untuk menanggapi dan memberikan tanggapan terhadap apa yang telah
dipresentasikan (bernalar kritis).
c. Guru
meminta perwakilan kelompok lain untuk mempresentasikan hasil pengamatan
peserta didik tentang cara menentukan alat ukur yang sesuai dengan objek yang
diukur secara kreatif.
d. Kelompok
lain diminta kembali untuk menanggapi dan memberikan tanggapan tentang apa yang
dipresentasikan (bernalar kritis).
Langkah 5. Menganalisis dan
Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a. Guru
meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta
didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan peserta
didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Guru
memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah
dilakukan, yaitu cara menentukan alat ukur yang sesuai dengan objek yang diukur.
b. Guru
mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Rencana Asesmen
Peserta didik
mengerjakan tugas terstruktur, yaitu Kegiatan
1.3 dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman
34 – 35 dan Uji Pemahaman dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT
Penerbit Erlangga halaman 32 - 33.
Pengayaan dan Remedial
Pada akhir pertemuan bab 1, peserta didik
diminta untuk mengerjakan soal pada QR code tersedia pada Buku IPA Fisika
SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 80.
Refleksi Peserta Didik dan
Guru
Refleksi
Peserta Didik
Lembar pertanyaan refleksi tersedia pada Buku
IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 79 - 80
Refleksi
Guru
Ø Apakah
pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?
Ø Apakah
peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi
dengan baik?
Ø Hal-hal
apa yang perlu diperbaiki pada aktivitas pembelajaran berikutnya?
C. Lampiran
Bahan Bacaan Guru dan Peserta
Didik
Buku
IPA Fisika SMA/MA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga.
Buku
IPA Fisika SMA/MA Kelas X dari PT Grafindo Media Pratama.
Buku IPA
Fisika SMA/MA Kelas 10 dari PT Yrama Widya.
Glosarium
● akurasi
: sifat pengukuran yang mendekati nilai sebenarnya
● angka
penting : angka hasil pengukuran yang terdiri dari angka pasti dan taksiran
● besaran
: sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka
● hipotesis
: jawaban sementara terhadap masalah yang masih harus dibuktikan kebenarannya.
● Ketidakpastian
pengukuran : kekeliruan pengukuran terhadap nilai sebenarnya
● metode
ilmiah : metode sains yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional
untuk mengungkapkan suatu permasalahan
● notasi
ilmiah : bentuk penulisan terstandar untuk mempermudah penentuan suatu nilai
● presisi
: sifat pengukuran yang mendekati nilai yang sama meskipun dilakukan berulang
● satuan
: pembanding dalam pengukuran yang ditetapkan berdasar acuan tertentu
● variabel
: sesuatu yang memiliki nilai dan dapat diubah
Daftar Pustaka
Ganis
Sanhaji, Rani N. IPA Fisika SMA/MA Kelas X. Bandung. PT Grafindo Media
Pratama.
Marthen
K, Adrian P. IPA Fisika SMA/MA Kelas 10. Bandung. PT Yrama Widya.
Ni
Ketut Lasmi. 2023. IPA Fisika SMA/MA
Kelas X. Jakarta: PT Penerbit Erlangga.
Bantul, Juli 2023
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata
Pelajaran
Drs. H. Ulul Ajib, M.Pd. Iksan Taufik
Hidayanto, S.Pd.
NIP. 196311151999031001 NIP. 197907022005011002
====================================================================
Modul Ajar Fisika Pertemuan 1 dapat dilihat di: Modul Ajar Fisika X Pertemuan 1