Pertemuan 1
A. Informasi Umum
Kode Modul |
FIS.E.X.1 |
Penyusun/Tahun |
Niken Resminingpuri Krisdianti / 2022 |
Kelas/Fase Capaian |
X/Fase E |
Elemen/Topik |
Pemahaman Fisika / Hakikat Fisika,
Besaran, dan Pengukurannya |
Alokasi Waktu |
135 menit (3 Jam Pelajaran) |
Pertemuan Ke- |
1 |
Profil Pelajar Pancasila |
Bernalar kritis, Kreatif, dan Bergotong
royong |
Sarana Prasarana |
LCD, Proyektor, Papan Tulis, ATK |
Target Peserta Didik |
Regular/tipikal |
Model Pembelajaran |
Problem-Based
Learning |
Mode Pembelajaran |
Tatap Muka |
B. Komponen Inti
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat
mengidentifikasi macam-macam alat ukur berdasarkan besaran yang akan diukur.
2.
Peserta didik dapat
mengidentifikasi besaran-besaran berdasarkan dimensinya.
Pertanyaan Pemantik
Kita selalu
menemukan atau bahkan melakukan kegiatan pengukuran dalam kehidupan
sehari-hari, namun informasi apa sajakah yang diketahui dari kegiatan
pengukuran yang dilakukan?
Persiapan Pembelajaran
1.
Guru
melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru
menyiapkan bahan tayang PPT materi Besaran, satuan, dan pengukurannya
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c.
Guru
menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d.
Guru menunjukkan
gambar-gambar kegiatan dalam kehidupan sehari-hari
yang menggunakan alat ukur sebagai apersepsi.
e.
Peserta didik menyebutkan
alat ukur yang ditunjukkan pada gambar dan menjelaskan kegunaannya.
f.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi besaran dan pengukuran.
2.
Kegiatan Inti (110 menit)
Langkah
1. Orientasi Masalah
a.
Guru bertanya tentang
bagaimana cara mengukur panjang buku.
b.
Peserta didik diminta
untuk melakukan pengukuran panjang buku dengan alat ukur penggaris.
c.
Peserta didik diminta
untuk menyampaikan refleksi tentang langkah-langkah yang dilakukan saat melakukan
pengukuran buku.
d.
Peserta didik diminta
untuk menarik kesimpulan berdasarkan refleksi yang telah dilakukan dengan
menjelaskan apa itu pengukuran.
e.
Peserta didik diminta
untuk membaca hasil pengukuran.
f.
Peserta didik diminta
untuk mengidentifikasi informasi apa saja yang didapatkan dari hasil
pengukuran.
g.
Guru mendorong peserta
didik untuk mempelajari dan mengumpulkan informasi lain dari berbagai sumber untuk
memahami besaran, satuan, dan dimensi.
Langkah 2. Mengorganisasi
Peserta Didik
a.
Peserta didik dibagi dalam
kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
b.
Peserta didik diminta
melakukan Kegiatan 1.6 dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT
Penerbit Erlangga halaman 51 untuk memahami berbagai macam alat ukur yang biasa
digunakan dalam kehidupan sehari-hari (gotong royong).
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan
Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk
melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel
pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan
dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta dengan
sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil pengamatan peserta didik
terhadap berbagai
macam alat ukur yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari secara kreatif.
b.
Kelompok lain diminta untuk
menanggapi dan memberikan tanggapan terhadap apa yang telah dipresentasikan (bernalar
kritis).
c.
Guru meminta perwakilan kelompok
lain untuk mempresentasikan hasil pengamatan peserta didik terhadap berbagai macam alat ukur yang biasa
digunakan dalam kehidupan sehari-hari secara kreatif.
d.
Kelompok lain diminta kembali
untuk menanggapi dan memberikan tanggapan tentang apa yang dipresentasikan (bernalar
kritis).
Langkah 5. Menganalisis
dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah
terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
c.
Guru membahas contoh soal
dan pembahasan dari Buku
IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 50 – 51 untuk mempersiapkan peserta didik
sebelum peserta didik berlatih secara mandiri.
d.
Peserta didik mengerjakan Uji Pemahaman Buku IPA Fisika SMA Kelas
X dari PT Penerbit Erlangga halaman 52 – 53 Bagian A nomor 2, serta Bagian B
nomor 1, 2a, 2b, dan 2c untuk
mengecek pemahaman peserta didik
e.
Guru memberikan umpan
balik pembelajaran.
3.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah
dilakukan, yaitu besaran, satuan, dimensi, dan macam-macam alat ukur.
b. Guru
memberikan tugas rumah untuk mengerjakan Uji Pemahaman Buku IPA Fisika SMA Kelas
X dari PT Penerbit Erlangga halaman 53 Bagian B nomor 2d, 2e, dan nomor 3.
c. Guru
mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Rencana Asesmen
Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur, yaitu Kegiatan
1.6 Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 51 – 52
dan Uji Pemahaman Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman
52 – 53.
Pengayaan dan Remedial
Pada
akhir pertemuan bab 1, peserta didik diminta untuk mengerjakan soal pada QR
code tersedia pada Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga
halaman 80.
Refleksi Peserta Didik dan Guru
Refleksi Peserta Didik
Lembar
pertanyaan refleksi tersedia pada Buku IPA Fisika
SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 79 - 80
Refleksi Guru
Ø Apakah pembelajaran dapat berlangsung
sesuai rencana?
Ø Apakah peserta didik yang mengalami
hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?
Ø Hal-hal apa yang perlu diperbaiki pada
aktivitas pembelajaran berikutnya?
C. Lampiran
Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari
PT Penerbit Erlangga halaman 40 - 46.
Glosarium
●
akurasi
: sifat pengukuran yang mendekati nilai sebenarnya
●
angka
penting : angka hasil pengukuran yang terdiri dari angka pasti dan taksiran
●
besaran
: sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka
●
hipotesis
: jawaban sementara terhadap masalah yang masih harus dibuktikan kebenarannya.
●
Ketidakpastian
pengukuran : kekeliruan pengukuran terhadap nilai sebenarnya
●
metode
ilmiah : metode sains yang menggunakan langkah-langkah ilmiah dan rasional
untuk mengungkapkan suatu permasalahan
●
notasi
ilmiah : bentuk penulisan terstandar untuk mempermudah penentuan suatu nilai
●
presisi
: sifat pengukuran yang mendekati nilai yang sama meskipun dilakukan berulang
●
satuan
: pembanding dalam pengukuran yang ditetapkan berdasar acuan tertentu
●
variabel
: sesuatu yang memiliki nilai dan dapat diubah
Daftar Pustaka
Ni Ketut Lasmi. 2022. IPA Fisika SMA Kelas X. Jakarta: PT Penerbit
Erlangga
Untuk ATP bisa dilihat di: Alur Tujuan Pembelajaran Fisika X
sangat bermanfaat
BalasHapusTerima kasih
Hapus