CAPAIAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN FISIKA SMA FASE E
Pada akhir fase
E, peserta didik
memiliki kemampuan untuk responsif terhadap
isu-isu global dan
berperan aktif dalam memberikan penyelesaian
masalah. Kemampuan tersebut
antara lain mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan
melakukan penyelidikan, memproses dan menganalisis data dan informasi, mengevaluasi
dan refleksi, mengkomunikasikan hasil dalam bentuk projek sederhana atau
simulasi visual menggunakan aplikasi
teknologi yang tersedia
terkait dengan energi
alternatif, pemanasan
global, pencemaran lingkungan, teknologi nano, bioteknologi,
kimia dalam kehidupan
sehari-hari, pemanfaatan limbah
dan bahan alam, pandemi akibat infeksi virus. Semua upaya tersebut diarahkan
pada pencapaian tujuan
pembangunan yang
berkelanjutan (Sustainable Development
Goals/SDGs). Melalui pengembangan
sejumlah pengetahuan tersebut dibangun pula berakhlak mulia dan sikap ilmiah
seperti jujur, obyektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif,
bergotong royong berkebhinekaan global.
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Pemahaman Fisika |
Peserta
didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses
dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran
lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya. |
Keterampilan proses |
Mengamati Peserta
didik mampu mengoptimalkan potensi menggunakan ragam alat bantu untuk
melakukan pengukuran dan pengamatan. Mempertanyakan dan
memprediksi Peserta didik mampu
mempertanyakan dan memprediksi berdasarkan hasil observasi, mampu merumuskan
permasalahan yang ada dan mampu mengajukan pertanyaan kunci untuk
menyelesaikan masalah. Merencanakan dan melakukan
penyelidikan ·
Peserta didik mengidentifikasi latar belakang masalah,
merumuskan tujuan, dan menggunakan referensi dalam perencanaan
penyelidikan/penelitian. ·
Peserta didik membedakan variabel, termasuk yang dikendalikan
dan variabel bebas, menggunakan instrumen yang sesuai dengan tujuan
penyelidikan. ·
Peserta didik menentukan langkah langkah kerja dan cara
pengumpulan data. Memproses,
menganalisis data dan informasi ·
Peserta didik menyiapkan peralatan/ instrumen yang sesuai untuk
penelitian ilmiah, menggunakan alat ukur secara teliti dan benar, mengenal
keterbatasan dan kelebihan alat ukur yang dipakai. ·
Peserta didik menerapkan teknis/ proses pengumpulan data,
mengolah data sesuai jenisnya/sesuai keperluan, menganalisis data dan
menyimpulkan hasil penelitian serta memberikan rekomendasi tindak
lanjut/saran dari hasil penelitian. Mencipta Peserta didik mampu
menggunakan hasil analisis data dan informasi untuk menciptakan ide solusi
ataupun rancang bangun untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Mengevaluasi dan
refleksi ·
Peserta didik berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan
berargumentasi, mengembangkan keingintahuan, dan memiliki kepedulian terhadap
lingkungan. ·
Peserta didik mengajukan argumentasi ilmiah dan kritis berani mengusulkan
perbaikan atas suatu kondisi dan bertanggung jawab terhadap usulannya. ·
Peserta didik bersikap jujur terhadap temuan data/fakta. Mengomunikasikan hasil
· Peserta didik menyusun laporan tertulis hasil
penelitian serta mengomunikasikan hasil penelitian, prosedur perolehan data,
cara mengolah dan cara menganalisis data serta mengomunikasikan kesimpulan
yang sesuai untuk menjawab masalah penelitian /penyelidikan secara lisan atau
tulisan. · Peserta didik menyajikan hasil pengolahan data
dalam bentuk tabel, grafik, diagram alur/ flowchart dan/atau peta konsep,
menyajikan data dengan simbol dan standar internasional dengan benar, dan
menggunakan media yang sesuai dalam penyajian hasil pengolahan data. · Peserta didik mendeskripsikan kecenderungan
hubungan, pola, dan keterkaitan variabel dan menggunakan bahasa, simbol dan
peristilahan yang sesuai untuk bidang fisika. |
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN FISIKA SMA
FASE E KELAS X
BAB 1 Hakikat Fisika, Besaran, dan Pengukurannya
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi
macam-macam alat ukur berdasarkan besaran yang akan diukur.
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi
besaran-besaran berdasarkan dimensinya.
3. Peserta didik dapat menggunakan alat
ukur yang sesuai dengan benda yang akan diukur.
4. Peserta didik dapat menentukan hasil
pengukuran dengan alat ukur dilengkapi nilai ketidakpastian pengukuran tunggal
dan berulang.
5.
Peserta
didik dapat menyajikan hasil pengukuran dan melakukan pengolahan data dengan
aturan angka penting dan notasi ilmiah.
6.
Membuat
kesimpulan dari hasil percobaan.
7.
Mengomunikasikan
hasil percobaan secara lisan maupun tertulis.
Alur Tujuan Pembelajaran
Elemen:
Pemahaman Fisika |
|||
Profil
Pelajar Pancasila: Mandiri, Bergotong-royong, Bernalar kritis |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta
didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan
proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global,
pencemaran lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya. Keterampilan Proses : mengamati, mempertanyakan dan
memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses, menganalisis
data dan informasi, mencipta, mengevaluasi dan refleksi, mengomunikasikan
hasil. |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
Modul Ajar** |
JP |
Jenis Alat Ukur |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi macam-macam alat ukur berdasarkan besaran yang
akan diukur. |
1 |
3 |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi besaran-besaran berdasarkan dimensinya. |
|||
Pengukuran |
Peserta
didik dapat menggunakan alat ukur yang sesuai dengan benda yang akan diukur. |
1 |
3 |
Pengukuran, Angka penting |
Peserta
didik dapat menentukan hasil pengukuran dengan alat ukur dilengkapi nilai
ketidakpastian pengukuran tunggal dan berulang |
1 |
3 |
Peserta
didik dapat menyajikan hasil pengukuran dan melakukan pengolahan data dengan
aturan angka penting dan notasi ilmiah. |
3 |
||
TOTAL JAM PELAJARAN (JP) |
12 |
Elemen:
Keterampilan proses |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta
didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses
dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan,
energi alternatif, dan pemanfaatannya. Keterampilan Proses : mengamati, mempertanyakan dan
memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses, menganalisis
data dan informasi, mencipta, mengevaluasi dan refleksi, mengomunikasikan
hasil. |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
Modul Ajar** |
JP |
Pengukuran |
Membuat
kesimpulan dari hasil percobaan. |
1 |
3 |
Mengomunikasikan
hasil percobaan secara lisan maupun tertulis. |
|||
TOTAL JAM PELAJARAN (JP) |
3 |
BAB 2 Sumber
Energi
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi
jenis-jenis energi, serta mendeskripsikan perubahan energi yang terjadi dalam
kehidupan sehari-hari.
2. Peserta didik dapat menganalisis
masalah sumber energi beserta dampaknya dalam kehidupan masyarakat modern.
3. Peserta didik dapat mengidentifikasi
dan mendeskripsikan sumber energi alternatif.
4. Peserta didik menganalisis
transformasi energi pada produk teknologi.
5.
Peserta
didik dapat membuat desain produk kreatif dalam bidang energi terbarukan,
kemudian menguji coba produk tersebut.
Alur Tujuan Pembelajaran
Elemen:
Pemahaman konsep |
|||
Profil
Pelajar Pancasila: Kreatif, Bergotong-royong, Bernalar kritis |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta
didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan
proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran
lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya. |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
Modul Ajar** |
JP |
Energi dalam Fisika |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis energi, serta mendeskripsikan
perubahan energi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. |
2 |
3 |
Peserta
didik dapat menganalisis masalah sumber energi beserta dampaknya dalam
kehidupan masyarakat modern. |
|||
Sumber energi Alternatif |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi dan mendeskripsikan sumber energi alternatif. |
2 |
3 |
Peserta
didik menganalisis transformasi energi pada produk teknologi. |
|||
TOTAL JAM PELAJARAN (JP) |
6 |
Elemen:
Keterampilan proses |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta
didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam
pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan, energi
alternatif, dan pemanfaatannya. Keterampilan Proses : mengamati, mempertanyakan dan
memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses, menganalisis
data dan informasi, mencipta, mengevaluasi dan refleksi, mengomunikasikan hasil. |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
Modul Ajar** |
JP |
Energi Alternatif |
Peserta
didik dapat membuat desain produk kreatif dalam bidang energi terbarukan,
kemudian menguji coba produk tersebut. |
1 |
3 |
TOTAL JAM PELAJARAN (JP) |
3 |
BAB 3 Gejala
Pemanasan Global
Tujuan Pembelajaran
- 1. Peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam gas rumah kaca.
- 2. Peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya pemanasan global.
- 3. Peserta didik dapat menganalisis pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan.
- 4. Peserta didik dapat mengajukan gagasan untuk memperlambat dampak pemanasan global melalui produk, kemudian mengevaluasi, memperbaiki, dan mempresentasikan produknya secara lisan.
- 5. Peserta didik dapat menyampaikan saran dan pendapat mengenai hal-hal yang harus dilakukan untuk mengurangi terjadinya pemanasan global.
Alur Tujuan Pembelajaran
Elemen:
Pemahaman konsep |
|||
Profil
Pelajar Pancasila: Mandiri; Bergotong-royong; Kreatif; Beriman, betakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta
didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan
proses dalam pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran
lingkungan, energi alternatif, dan pemanfaatannya. |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
Modul Ajar** |
JP |
Penyebab Pemanasan Global |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi macam-macam gas rumah kaca. |
3 |
3 |
Peserta didik dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya
pemanasan global. |
|||
Dampak pemanasan global |
Peserta didik dapat menganalisis
pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan. |
3 |
3 |
TOTAL JAM PELAJARAN (JP) |
6 |
Elemen:
Keterampilan proses |
|||
Capaian
Pembelajaran: Peserta
didik mampu mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan keterampilan proses dalam
pengukuran, perubahan iklim dan pemanasan global, pencemaran lingkungan,
energi alternatif, dan pemanfaatannya. Keterampilan Proses : mengamati, mempertanyakan dan
memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses,
menganalisis data dan informasi, mencipta, mengevaluasi dan refleksi,
mengomunikasikan hasil. |
|||
Materi* |
Tujuan Pembelajaran |
Modul Ajar** |
JP |
Pemanasan Global |
Peserta
didik dapat mengajukan gagasan untuk memperlambat dampak pemanasan global
melalui produk, kemudian mengevaluasi, memperbaiki, dan mempresentasikan
produknya secara lisan. |
3 |
9 |
TOTAL JAM PELAJARAN (JP) |
9 |
ATP di atas dibuat oleh Ni Ketut Lasmi
Untuk Modul Ajarnya bisa di lihat di: Modul Ajar Fisika X Pertemuan 1
karabük evden eve nakliyat
BalasHapusbartın evden eve nakliyat
maraÅŸ evden eve nakliyat
mersin evden eve nakliyat
aksaray evden eve nakliyat
GEÄ°
urfa evden eve nakliyat
BalasHapusmalatya evden eve nakliyat
burdur evden eve nakliyat
kırıkkale evden eve nakliyat
kars evden eve nakliyat
QVT
073A1
BalasHapusEtimesgut Parke Ustası
Ünye Parke Ustası
Adıyaman Lojistik
Bayburt Parça Eşya Taşıma
Eryaman Parke Ustası
Şırnak Evden Eve Nakliyat
Coinex Güvenilir mi
Aksaray Lojistik
Çerkezköy Çilingir
AD829
BalasHapusKarapürçek Boya Ustası
TekirdaÄŸ Cam Balkon
Referans KimliÄŸi Nedir
Altındağ Boya Ustası
Bitget Güvenilir mi
Referans KimliÄŸi Nedir
Adana Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Sineklik
Binance Referans Kodu
C48A4
BalasHapusKayseri Evden Eve Nakliyat
Artvin Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Çekici
Binance Referans Kodu
Çerkezköy Buzdolabı Tamircisi
Aksaray Evden Eve Nakliyat
Adıyaman Evden Eve Nakliyat
Karaman Evden Eve Nakliyat
Batman Evden Eve Nakliyat
D4A1D
BalasHapusresimlimagnet
8D283
BalasHapussightcare
8EAFC
BalasHapusbitget
en iyi kripto para uygulaması
bitcoin nasıl kazanılır
bingx
en eski kripto borsası
keçi sütü bal sabunu
bitexen
aax
en düşük komisyonlu kripto borsası
C0194
BalasHapusbinance ne demek
kaldıraç ne demek
bkex
btcturk
okex
canlı sohbet odaları
4g mobil proxy
kucoin
bitget
DA33F
BalasHapusbitcoin seans saatleri
referans kod
mobil 4g proxy
canlı sohbet
kaldıraç ne demek
coin nereden alınır
kızlarla canlı sohbet
binance referans kimliÄŸi
en iyi kripto grupları telegram
66E4E
BalasHapuscoin nasıl alınır
bitcoin nasıl kazanılır
canlı sohbet uygulamaları
bitcoin nasıl üretilir
kripto para telegram
telegram en iyi kripto grupları
btcturk
kucoin
en iyi kripto para uygulaması
6F866
BalasHapusreferans kimligi nedir
canli sohbet
bybit
referans kod
referans kodu
gate io
coin nasıl alınır
kripto telegram
huobi
A27FA
BalasHapusbitget
probit
kizlarla canli sohbet
telegram kripto para grupları
filtre kağıdı
bibox
bitcoin haram mı
kaldıraç nasıl yapılır
kraken