Setiap kelas dalam sekolah atau madrasah pasti kita temukan papan tulis. Secanggih apapun perkembangan teknologi sekarang ini, papan tulis masih tetap penting dan dibutuhkan. Prasyarat yang dibutuhkan seorang guru dalam penggunaaan papan tulis untuk kegiatan pembelajaran adalah guru harus memahami materi secara konseptual.
Dengan bantuan papan tulis, peserta didik mengingat gerak-gerik guru saat menulis uraian konsep, tidak hanya poin-poinnya. Saat siswa mengikuti jalur guru dan membuat catatan, siswa memperkuat ingatan mereka akan konsep yang digambarkan dan dijelaskan oleh guru.
Peserta didik diajak untuk mengikuti 'alur cerita' dari materi pembelajaran, tidak sekadar menghafalkan materi. Dengan mengetahui 'alur cerita' ini tadi, peserta didik akan mendapatkan pemahaman bahwa 'oh, ceritanya itu begini', " oh..begini tho caranya" dan tahu apa saja yang perlu diperdalam dan dipelajari lebih lanjut.