Memahami Capaian
Pembelajaran (CP)
(Keputusan Kepala BSKAP
No.033/H/KR/2022 Tahun 2022)
• Rasional
• Tujuan
• Karakteristik
• CP setiap Fase
Merumuskan tujuan
pembelajaran (TP)
• Ide besar
• Temukan kata kunci
• Sesuai karakteristik
mapel
• Minimal 2 TP per
elemen
• Ada alur TP per
elemen
• Menggunakan KKO
Anderson
Menyusun alur tujuan
pembelajaran dari tujuan pembelajaran (ATP)
• Rangkaian TP yang
tersusun secara sistematis
• capaian pembelajaran
yang menjadi tujuan belajar dari suatu unit pembelajaran;
• cara untuk mencapai
tujuan belajar;
• cara menilai
ketercapaian tujuan belajar
Merancang Pembelajaran (MP)
• RPP (tujuan
pembelajaran, langkah/proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran
• Modul Ajar (pada
langkah pembelajaran yang menggunakan media berisi materi-materi
Catatan
• penggunaan alokasi
waktu sifatnya prakiraan (perlu diberi tanda)
• Untuk pendidikan
khusus TP dapat dibuat sempit, namun harus tergambar bagaimana penjabarannya
dalam perencanaan pembelajaran