Kurikulum Merdeka, Proses Perancangan Kegiatan Pembelajaran

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم




Memahami Capaian Pembelajaran (CP)

(Keputusan Kepala BSKAP No.033/H/KR/2022 Tahun 2022)

• Rasional

• Tujuan

• Karakteristik

• CP setiap Fase

Merumuskan tujuan pembelajaran (TP)

• Ide besar

• Temukan kata kunci

• Sesuai karakteristik mapel

• Minimal 2 TP per elemen

• Ada alur TP per elemen

• Menggunakan KKO Anderson

Menyusun alur tujuan pembelajaran dari tujuan   pembelajaran (ATP)

• Rangkaian TP yang tersusun secara sistematis

• capaian pembelajaran yang menjadi tujuan belajar dari suatu unit pembelajaran;  

• cara untuk mencapai tujuan belajar; 

• cara menilai ketercapaian tujuan belajar

Merancang Pembelajaran (MP)

• RPP (tujuan pembelajaran, langkah/proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran

• Modul Ajar (pada langkah pembelajaran yang menggunakan media berisi materi-materi


Catatan

• penggunaan alokasi waktu sifatnya prakiraan (perlu diberi tanda)

• Untuk pendidikan khusus TP dapat dibuat sempit, namun harus tergambar bagaimana penjabarannya dalam perencanaan pembelajaran


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)