Setelah menganalisis Kompetensi Dasar yang akan kita buatkan soal HOTS, langkah kita selanjutnya adalah membuat stimulus yang akan digunakan pada soal.
Stimulus yang dipilih/ dibuat:
- berupa gambar, grafik, tabel, wacana, kasus, dan lainnya
- menuntut keterampilan menginterpretasi, mencari hubungan, menganalisis,
- menyimpulkan, atau menciptakan
- pilihlah kasus/permasalahan konstekstual, menarik dan mengusung kebaruan
- terkait langsung dengan pertanyaan (pokok soal) dan berfungsi.
Contoh stimulus penyusunan soal HOTS
NO | KOMPETENSI DASAR | STIMULUS | KEMAMPUAN YANG DIUJI | TAHAPAN BERPIKIR |
1 | 3.5 Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | Gambar dua kendaraan satu melakukan gerak lurus dengan kecepatan konstan berada di udara sambil menjatuhkan benda dan satu lagi melakukan gerak lurus dengan percepatan konstan berada di darat/laut yang akan menerima benda tersebut | Menentukan dua pernyataan yang benar berkaitan dengan syarat benda dapat tepat jatuh di kendaraan kedua. |
berupa lintasan parabola, sedangkan perahu semula bergerak lurus dengan kecepatan konstan kemudian bergerak lurus dengan percepatan konstan) •Mengaplikasikan persamaan-persamaan yang ada pada gerak kedua benda •Menentukan syarat-syarat yang harus dipenuhi agar benda tepat jatuh ke atas kendaraan yang kedua (waktu, jarak mendatar, percepatan) •Menyimpulkan syaratsyarat yang harus terpenuhi agar benda dapat tepat jatuh di atas kapal |
2 | 3.2 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari | Grafik karakteristik (F – X) dari 5 buah pegas yang akan di pasang pada mobil sebagai peredam kejutnya. | Menyimpulkan pegas yang tepat dipasang pada mobil. | Menentukan konstanta yang tepat untuk frekuensi osilasi tertentu Menentukan konstanta masing-masing pegas pada mobil, dengan susunan pegas pada mobil merupakan rangkaian pegas secara paralel. • Menentukan konstanta masing-masing pegas pada grafik • Memilih pegas pada grafik yang sesuai di pasang pada mobil untuk nilai fekuensi osilasi tertentu |
3 | 3.1 Menganalisis prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) berikut keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari | Gambar rangkaian seri tiga buah lampu identik terhubung pada sumber tegangan dilengkapi dengan sekring disertai data beberapa resistor | Membuat rangkaian resistor yang ada untuk mengganti salah satu lampu yang putus. | • Memahami sifat rangkaian seri parallel, hokum Ohm. • Menghitung nilai rangkaian hambatan. • Merinci informasi dari sekring dan sumber daya yang tersedia. • Mencipta rangkaian resistor dari resistor yang tersedia untuk mengganti lampu yang putus. |
4 | 3.5 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor yang meliputi karakteristik termal suatu bahan, kapasitas, dan konduktivitas kalor pada kehidupan sehari-hari | Tabel data kalor jenis, kalor lebur, kalor uap, titik didih dan titik lebur beberapa logam dian grafik hubungan kalor terhadap suhu tiga sendok yang terbuat dari bahan logam yang berbeda | Menentukan jenis logam dari masingmasing sendok disertai alasannya Menentukan perbandingan massa ketiga sendok. | • Memahami karakteristik logam dari tabel • Memahami karakteristik logam dari grafik • Menentukan 3 jenis logam yang dipanaskan • Menentukan banyak kalor yang dibutuhkan saat terjadi perubahan wujud • Menentukan massa masing-masing logam yang dipanaskan • Membandingkan massa masing-masing logam yang dipanaskan |
5 | 3.4 Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi 4.4 Membuat dan menguji proyek sederhana yang menerapkan prinsip dinamika fluida | Informasi dan gambar prosedur percobaan Torricelli yang menerapkan azas Bernoulli serta grafik hasilnya, disertai empat bauh kesimpulan | Mengevaluasi keempat kesimpulan. | • Memahami prusedur percobaan, • Membandingkan data yang didapat dari grafik hasil percobaan, • Menganalisa grafik dan • Mengevaluasi ke empat kesimpulan |