STIMULUS PADA SOAL HOTS

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم



Setelah menganalisis Kompetensi Dasar yang akan kita buatkan soal HOTS, langkah kita selanjutnya adalah membuat stimulus yang akan digunakan pada soal. 






Stimulus yang dipilih/ dibuat:
  1.  berupa gambar, grafik, tabel, wacana, kasus, dan lainnya
  2. menuntut keterampilan menginterpretasi, mencari hubungan, menganalisis,
  3. menyimpulkan, atau menciptakan
  4. pilihlah kasus/permasalahan konstekstual, menarik dan mengusung kebaruan
  5. terkait langsung dengan pertanyaan (pokok soal) dan berfungsi.
 Contoh stimulus penyusunan soal HOTS
NOKOMPETENSI DASARSTIMULUSKEMAMPUAN YANG DIUJITAHAPAN BERPIKIR
13.5 Menganalisis
gerak parabola
dengan
menggunakan
vektor, berikut
makna fisisnya
dan
penerapannya
dalam
kehidupan
sehari-hari
Gambar dua
kendaraan
satu
melakukan
gerak lurus
dengan
kecepatan
konstan
berada di
udara sambil
menjatuhkan
benda dan satu
lagi melakukan
gerak lurus
dengan
percepatan
konstan
berada di
darat/laut
yang akan
menerima
benda
tersebut
Menentukan dua
pernyataan yang
benar berkaitan
dengan syarat
benda dapat tepat jatuh di kendaraan
kedua.
  • Memahami gerak kedua
benda (benda jatuh
berupa lintasan parabola,
sedangkan perahu semula
bergerak lurus dengan
kecepatan konstan
kemudian bergerak lurus
dengan percepatan
konstan)
•Mengaplikasikan
persamaan-persamaan
yang ada pada gerak
kedua benda
•Menentukan syarat-syarat
yang harus dipenuhi agar
benda tepat jatuh ke atas
kendaraan yang kedua
(waktu, jarak mendatar,
percepatan)
•Menyimpulkan syaratsyarat
yang harus
terpenuhi agar benda
dapat tepat jatuh di atas
kapal
23.2 Menganalisis
sifat elastisitas
bahan dalam kehidupan sehari-hari
Grafik
karakteristik
(F – X) dari 5 buah pegas
yang akan di
pasang pada
mobil sebagai
peredam
kejutnya.
Menyimpulkan
pegas yang tepat dipasang pada
mobil.
Menentukan konstanta
yang tepat untuk
frekuensi osilasi tertentu Menentukan konstanta
masing-masing pegas
pada mobil, dengan
susunan pegas pada mobil
merupakan rangkaian
pegas secara paralel.
• Menentukan konstanta
masing-masing pegas
pada grafik
• Memilih pegas pada grafik
yang sesuai di pasang
pada mobil untuk nilai
fekuensi osilasi tertentu
33.1 Menganalisis
prinsip kerja
peralatan listrik
searah (DC)
berikut
keselamatannya
dalam
kehidupan
sehari-hari
Gambar
rangkaian seri
tiga buah
lampu identik
terhubung
pada sumber
tegangan
dilengkapi
dengan sekring
disertai data
beberapa
resistor
Membuat
rangkaian resistor
yang ada untuk
mengganti salah
satu lampu yang
putus.
• Memahami sifat rangkaian
seri parallel, hokum Ohm.
• Menghitung nilai
rangkaian hambatan.
• Merinci informasi dari
sekring dan sumber daya
yang tersedia.
• Mencipta rangkaian
resistor dari resistor yang
tersedia untuk mengganti
lampu yang putus.
43.5 Menganalisis
pengaruh kalor
dan
perpindahan
kalor yang
meliputi
karakteristik
termal suatu
bahan,
kapasitas, dan
konduktivitas
kalor pada
kehidupan
sehari-hari
Tabel data
kalor jenis,
kalor lebur,
kalor uap, titik
didih dan titik
lebur beberapa
logam dian
grafik
hubungan
kalor terhadap
suhu tiga
sendok yang
terbuat dari
bahan logam
yang berbeda
Menentukan jenis
logam dari masingmasing
sendok
disertai alasannya
Menentukan
perbandingan
massa ketiga
sendok.
• Memahami karakteristik
logam dari tabel
• Memahami karakteristik
logam dari grafik
• Menentukan 3 jenis logam
yang dipanaskan
• Menentukan banyak kalor
yang dibutuhkan saat
terjadi perubahan wujud
• Menentukan massa
masing-masing logam
yang dipanaskan
• Membandingkan massa
masing-masing logam
yang dipanaskan
53.4 Menerapkan
prinsip fluida
dinamik dalam
teknologi
4.4 Membuat dan
menguji proyek
sederhana yang
menerapkan
prinsip
dinamika fluida
Informasi dan
gambar
prosedur
percobaan
Torricelli yang
menerapkan
azas Bernoulli
serta grafik
hasilnya,
disertai empat bauh kesimpulan
Mengevaluasi
keempat
kesimpulan.
• Memahami prusedur
percobaan,
• Membandingkan data
yang didapat dari grafik
hasil percobaan,
• Menganalisa grafik dan
• Mengevaluasi ke empat
kesimpulan







Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)