Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. Kompetensi dasar berisi kemampuan dan materi pembelajaran untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.
Berikut contoh Analisis KD untuk menentukan Level Kognitif:
NO
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas/
Semester
|
Level
Kognitif
|
1
|
3.4 Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan
kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap)
berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu
lintas
|
X/1
|
L3
|
2
|
3.5 Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut
makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari -hari
|
X/1
|
L3
|
3
|
3.6 Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju
konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
X/1
|
L3
|
4
|
3.7 Menganalisis interaksi pada gaya serta hubungan antara gaya, massa
dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
X/2
|
L3
|
5
|
3.8 Menganalisis keteraturan gerak planet dan satelit dalam tatasurya
berdasarkan hukum-hukum Newton
|
X/2
|
L3
|
6
|
3.9 Menganalisis konsep energi, usaha (kerja), hubungan usaha (kerja)
dan perubahan energi, hukum kekekalan energi, serta penerapannya dalam
peristiwa sehari-hari
|
X/2
|
L3
|
7
|
3.11 Menganalisis hubungan antara gaya dan getaran dalam kehidupan
sehari-hari
|
X/2
|
L3
|
8
|
3.2 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari
|
XI/1
|
L3
|
9
|
3.5 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor yang meliputi
karakteristik termal suatu bahan, kapasitas, dan konduktivitas kalor pada kehidupan
sehari-hari
|
XI/1
|
L3
|
10
|
3.7 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum
Termodinamika
|
XI/2
|
L3
|
11
|
3.8 Menganalisis karakterisitik gelombang mekanik
|
XI/2
|
L3
|
12
|
3.9 Menganalisis besaran-besaran fisis gelombang berjalan dan
gelombang stasioner pada berbagai kasus nyata
|
XI/2
|
L3
|
13
|
3.11 Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pemantulan
dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
|
XI/2
|
L3
|
14
|
3.12 Menganalisis gejala pemanasan global dan dampaknya bagikehidupan
serta lingkungan
|
XI/2
|
L3
|
15
|
3.1 Menganalisis prinsip kerjam peralatan listrik searah (DC) berikut
keselamatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
XII/1
|
L3
|
16
|
3.2 Menganalisis muatan listrik, gaya listrik, kuat medan listrik,
fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada berbagai
kasus
|
XII/1
|
L3
|
17
|
3.3 Menganalisis medan magnetik, induksi magnetik, dan gaya magnetik
pada berbagai produk teknologi
|
XII/1
|
L3
|
18
|
3.4 Menganalisis fenomena induksi elektromagnetik dalam kehidupan
sehari-hari
|
XII/1
|
L3
|
19
|
3.5 Menganalisis rangkaian arus bolak-balik (AC) serta penerapannya
|
XII/1
|
L3
|
20
|
3.6 Menganalisis fenomena radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya
dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
|
XII/1
|
L3
|
21
|
3.10 Menganalisis karakteristik inti atom, radioaktivitas, pemanfaatan,
dampak, dan proteksinya dalam kehidupan sehari-hari
|
XII/2
|
L3
|
22
|
3.11 Menganalisis keterbatasan sumber energi dan dampaknya bagi
kehidupan
|
XII/2
|
L3
|