PENDEKATAN MENGAJAR KONSTRUKTIVIS GURU FISIKA (2)

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم

SESUDAH PROSES PEMBELAJARAN


  • Guru memberikan pekerjaan rumah, mengumpulkannya serta mengkoreksinya. Tanpa dikoreksi, PR tidak banyak gunanya, karena siswa yang keliru akan tetap keliru bila tidak ditunjukkan dimana ia keliru. 
  • Guru perlu sering memberikan tugas lain untuk pendalaman materi. 
  • Tes yang membuat siswa berpikir, bukan hafalan perlu dikembangkan guru. 



SIKAP DAN YANG PERLU DIPUNYAI GURU


  • Siswa dianggap bukan tabula rasa, tetapi sebagai subyek yang sudah tahu sesuatu. 
  • Model kelas: siswa aktif, guru menyertai.
  • Bila ditanya siswa dan tidak dapat menjawab, guru tidak usah marah dan mencerca siswa. Lebih baik mengakuinya dan mencoba mencari bersama.
  • Menyediakan ruang tanya jawab dan diskusi. 
  • Guru dan siswa saling belajar. Banyak informasi untuk sumber belajar selain guru maka mereka perlu saling belajar dan mengembangkan.
  •  Dalam mengajar yang penting bukan bahan selesai, tetapi siswa belajar untuk belajar sendiri. 
  • Guru perlu memberikan ruang untuk boleh salah bagi siswanya. Siswa masih dalam proses belajar, maka mereka boleh membuat kesalahan. Dari kesalahan itu dapat dibantu berkembang. 
  • Hubungan guru-siswa dialogal, saling dialog, dan kerjasama dalam mendalami pengetahuan.
  • Guru mengembangkan pengetahuan yang luas dan mendalam.
  •  Guru mengerti konteks bahan yang mau diajarkan sehingga dapat menjelaskan secara kontekstual. 


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)