Proyek Kegiatan Pembelajaran Fisika

0
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ اارَّØ­ِيم


Pada bab sebelumnya kalian telah belajar mengenai pengukuran, gerak 
lurus, dan gerak melingkar. Kalian diharapkan dapat memahami materi tersebut secara mendalam. Untuk itu kalian akan belajar melakukan penelitian sederhana yang dilakukan secara berkelompok dalam waktu yang telah ditentukan. Penelitian ini terdiri atas tiga bagian, pertama tentang pengukuran, kedua tentang gerak lurus, dan ketiga tentang gerak melingkar. Supaya hasil yang didapatkan baik, maka kalian diharapkan dapat mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.
Tujuan
• Memahami proses pengukuran
• Menentukan kecepatan benda yang jatuh bebas
• Menentukan gaya sentripetal pada benda yang bergerak melingkar

Alat dan Bahan
1. Alat ukur massa (timbangan)
2. Alat ukur suhu
3. Alat ukur panjang (mistar, meteran, jangka sorong, mikrometer sekrup)
4. Alat ukur waktu (stopwatch)
5. Beberapa macam dan jenis benda
6. Benang dengan panjang secukupnya

Prosedur
Kegiatan 1: Memahami proses pengukuran.
  1. Carilah 20 buah benda yang berbeda (zat cair, padat, atau gas), kemudian ukurlah besaran-besaran yang dapat diukur dari benda-benda tersebut dengan menggunakan alat ukur yang tersedia. 
  2. Masukkan data pengukuran ke dalam tabel berikut:


  3. Lakukanlah pengukuran tersebut secara berulang-ulang, minimal tiga kali pengukuran dan tuliskanlah hasil pengukuran tersebut dalam angka penting.
Kegiatan 2: Menentukan kecepatan benda yang jatuh bebas.
  1. Ukur dan catat massa benda dengan menggunakan timbangan.
  2. Lepaskanlah benda tersebut dari suatu tempat yang telah diukur ketinggiannya. 
  3. Catatlah waktu jatuh benda dari A–B dan waktu dari B–C.
  4. Lakukanlah kegiatan ini secara berulang-ulang.
  5. Gantilah benda tersebut dengan benda yang memiliki massa yang berbeda dan lakukanlah seperti prosedur nomor 1–4.
Kegiatan 3:Menentukan percepatan sentripetal pada benda yang bergerak
melingkar
  1. Ukur dan catat massa benda dengan menggunakan timbangan.
  2. Ikatkanlah dengan menggunakan tali atau benang, kemudian putarkan-lah benda tersebut dalam arah vertikal dan horizontal.
  3. Catat waktu yang ditempuh benda dalam melakukan 50 kali putaran.
  4. Gantilah benda dengan benda yang memiliki massa yang berbeda.
  5. Ulangi prosedur nomor 1–3.
    Pertanyaan
    1. Apakah setiap benda yang akan diukur membutuhkan alat ukur yang sama
    2. Tenntukanlah kecepatan benda pada kegiatan 2, jika percepatan gravitasi bumi = 10 m/s2 
    3. Apakah benda berbeda mempengaruhi kecepatan? Berikan penjelasan Anda. 
    4. Hitunglah kecepatan sudut dari proses gerak melingkar. 
    5. Hitunglah kecepatan linear benda yang bergerak melingkar. 
    6. Berapakah percepatan sentripetal yang terdapat pada benda?
    7. Tuliskanlah kesimpulan dari penelitian tersebut. 
    8. Laporkan hasil penelitian kepada guru Anda, kemudian presentasikan di depan kelas.
      Menyusun Laporan
        Setelah menyelesaikan penelitian, buatlah sebuah laporan yang menceritakan hasil penelitian kalian. Laporan tersebut terdiri atas pendahuluan, teori dasar, data pengamatan, pembahasan, kesimpulan dan saran, serta daftar pustaka. Kalian diharapkan dapat membuat laporan sebaik mungkin. Tujuannya agar orang yang membaca laporan kalian dapat mengerti dan memahaminya. Laporan tersebut ditulis atau diketik dalam kertas HVS ukuran A4. Kalian dapat mendiskusikan dengan guru, jika terdapat hal-hal yang belum kalian pahami yang berhubungan dengan laporan kalian. 

        Selamat berkarya.


        Posting Komentar

        0Komentar
        Posting Komentar (0)